Jumat, 11 Oktober 2013

Menganalisa Dan Mendeskripsikan Perilaku Yang Melanggar Etika



Hari Minggu, 06 – Oktober – 2013




  • Pada sore hari, saya melihat seorang ibu yang sedang membuang sampah di kali. Padahal membuang sampah di kali itu bisa menyebabkan pencemaran air, terjadinya banjir dan merusak ekosistem yang ada di dalam kali tersebut.
  • Saya melihat seorang anak yang membentak ibunya karena ia tidak diizinkan pergi main. Anak itu mencerminkan bahwa kurangnya sopan santun dalam berbicara. Harusnya sebagai anak harus menghormati orang tua dan bertutur kata yang sopan. 
Hari Senin, 07 – Oktober – 2013
  • Pagi hari, pada saat dalam perjalanan berangkat ke kampus saya melihat seorang bapak yang merokok di dalam minibus. Tentu saja itu meyebabkan polusi dan membuat ketidaknyamanan penumpang lain. Merokok memiliki dampak negatif pada kesehatan karena menyebabkan beberapa penyakit dan harusnya perokok memiliki kesadaran bahwa merokok harus ditempat yang selayaknya yaitu area merokok.
 
Hari Selasa, 08 – Oktober – 2013
  • Di saat dalam perjalanan berangkat ke kampus saya melihat seorang bapak mengendarai motor menerobos saat lampu merah. Padahal hal itu bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas, seharusnya sebagai pengendara motor harus menjalankan tata tertib lalu lintas yang ada untuk keselamatan pengendara tersebut. Sebagai pengendara motor yang baik, harus selalu bersikap disiplin dan menaati segala aturan yang berlaku. 
  •     Ketika dalam perjalanan pulang dari kampus, saya melihat ada supir angkot yang ugal-ugalan dan menurunkan penumpang di tengah jalan. Jelas itu sangat membahayakan keselamatan pengguna jalan lain. Seharusnya supir angkot itu menurunkan penumpang di bahu jalan. 

    Hari Rabu, 09 – Oktober -2013


    • Pada malam hari, ketika perjalanan pulang saya melihat sekumpulan remaja kebut-kebutan mengendarai motor di jalan raya. Kenakalan remaja seperti ini sangat merugikan pengendara motor lainnya, dan bisa meyebabkan kecelakaan. Diperlukan kesadaran dalam menjalankan kewajiban yaitu menaati dan menjalankan tata tertib lalu lintas yang berguna untuk keselamatan bersama. 

    Hari Kamis, 10 – Oktober – 2013 


    • Pada saat di dalam kereta khusus wanita saya melihat seorang ibu hamil, sedangkan didepannya ada seorang remaja yang duduk, dia tidak memperdulikan dan bersifat masa bodo tidak mengalah atau mempersilahkan ibu itu duduk. Kurangnya kesadaran ataupun sifat manusiawi. Padahal di dalam kereta adanya aturan yaitu : Memproritaskan lansia dan ibu hamil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar